Inilah 6 Negara Penghasil Miss Universe Terbanyak!

  • Whatsapp


Sejak dulu, acara bergengsi Miss Universe sepertinya sangat menarik untuk diikuti. Di ajang tersebut, puluhan wanita cantik yang mewakili banyak negara di dunia berkumpul dan menunjukkan pesonanya masing-masing, hingga akhirnya terpilih satu sebagai pemenang. Nah, kali ini kami akan membahas tentang 6 negara penghasil Miss Universe terbanyak sampai saat ini. Negara mana saja ya? Cek daftar pertamanya di bawah ini.

1. Amerika Serikat

Di urutan pertama ada negara yang sering dijuluki Paman Sam, yaitu Amerika Serikat. Negara tersebut tercatat telah meraih mahkota Miss Universe terbanyak hingga sekarang. Ada 8 wanita cantik dari Amerika Serikat yang memenangkan ajang tersebut yaitu Miriam Stevenson di tahun 1954, Carol Morris di tahun 1956, Linda Bement di tahun 1960, Sylvia Louise Hitchcock pada tahun 1967, Shawn Weatherly tahun 1980, Chelsi Smith pada tahun 1995, Brooke Lee di tahun 1997 dan Olivia Culpo di tahun 2012.

Pemenang Miss Universe dari Amerika yang paling terkini, yaitu Olivia Culpo, masih aktif sebagai selebriti dan telah berkolaborasi dengan banyak merek fesyen dan kecantikan terkenal seperti L’Oreal, Kipling dan Uberliss sebagai influencer. Dia juga membintangi beberapa film seperti ”I Feel Pretty”, ”Reprisal”, dan ”The Swing of Things”.

2. Venezuela

Negara di urutan kedua adalah Venezuela, sebuah negara yang terletak di pantai utara Amerika Selatan. Venezuela berbatasan langsung dengan Kolombia, Brazil, dan Guyana. Hanya berbeda 1 angka saja dengan Amerika, ternyata Venezuela meraih 7 kali kemenangan di Miss Universe lho! Siapa saja Miss Universe dari Venezuela?

Pemenang Miss Universe asal Venezuela adalah Maritza Sayalero pada tahun 1979, Irene Saez pada tahun 1981, Barbara Palacios di tahun 1986, Alicia Machado pada tahun 1996, Dayana Mendoza di tahun 2008, Stefania Fernandez di tahun 2009, dan terakhir Gabriela Isler pada tahun 2013. 

Miss Universe terakhir asal Venezuela, Gabriela Isler, saat ini masih aktif sebagai CEO dari organisasi sosial bernama Universe of Blessings Fund yang dibentuk untuk menyemangati wanita muda agar menghindari kehamilan dini di bawah usia 20 tahun. 

3. Puerto Riko

Selanjutnya ada negara yang terletak di sebelah timur Republik Dominika, yaitu Puerto Riko. Negara ini termasuk negara bagian Amerika dan telah meraih 5 kali kemenangan di Miss Universe. Puerto Riko pertama kali meraih gelar Miss Universe pada tahun 1970 melalui Marisol Malaret. Selain itu, Puerto Riko juga memenangkannya lagi melalui Deborah Carthy-Deu di tahun 1985, Dayanara Torres tahun 1993, Denise M. Quinones di tahun 2001 dan Zuleyka Rivera pada tahun 2006.

Wanita Puerto Riko yang paling terakhir menyandang gelar Miss Universe, Zuleyka Rivera, pernah mengunjungi Indonesia untuk menghadiri acara penobatan Putri Indonesia tahun 2006. Wah, pasti deg-degan deh peserta Putri Indonesia waktu melihat dan bertemu Zuleyka! Apakah Anda mengikuti kiprahnya? Jangan ragu berbagi di kolom komentar ya!

4. Filipina

Pada daftar keempat ada Filipina yang telah memenangkan Miss Universe sebanyak 4 kali hingga sekarang. Pasti Anda tahu Filipina kan? Pasti tahu dong, soalnya lokasi negara ini cukup dekat dengan Indonesia. Memangnya siapa saja wanita Filipina yang memenangkan ajang Miss Universe?

Wanita-wanita cantik dan pintar penyandang gelar Miss Universe asal Filipina tersebut BERITASATU.MY.ID lain Gloria Diaz di tahun 1969, Margarita Moran di tahun 1973, Pia Wurtzbach di tahun 2015, dan yang terbaru Catriona Gray pada tahun 2018. Catriona Gray juga memenangkan ajang putri kecantikan lainnya seperti Miss World Philippines 2016 dan Binibining Pilipinas 2018. 

5. Afrika Selatan

Kemudian ada negara yang bertetangga dengan Namibia, yaitu Afrika Selatan. Negara itu telah 3 kali menjuarai kontes bergengsi Miss Universe lho! Siapa saja pemenangnya? Mereka adalah Margaret Gardiner tahun 1978, Demi-Leigh Nel-Peters tahun 2017, dan Zozibini Tunzi tahun 2019. 

Pemenang Miss Universe paling terakhir dari Afrika Selatan, Zozibini Tunzi, telah mengikuti beberapa acara penghargaan level dunia dan sempat mengunjungi Indonesia untuk menghadiri acara Puteri Indonesia 2020. Wah, keren banget deh!

6. Swedia

Di daftar terakhir ada negara yang berada di belahan bumi utara, yaitu Swedia. Negara yang penduduknya juga dijuluki ‘Norsemen/Viking’ itu telah 3 kali meraih gelar Miss Universe melalui utusannya. Mereka adalah Hillevi Rombin (1955), Margareta Arvidsson (1966), dan Yvonne Ryding (1984). Meskipun momen kemenangan Swedia telah terlewat berpuluh tahun, tapi mereka telah mengharumkan nama Swedia!

Mungkin Anda bertanya-tanya, dengan jumlah kemenangan yang sama seperti Afrika Selatan tapi kok Swedia ada di urutan terakhir? Karena meskipun raihannya sama, tapi Afrika Selatan masuk ke urutan 5 karena yang paling terakhir memenangkan Miss Universe. Tapi sebenarnya mereka setara kok!

Nah, itulah 6 negara penghasil Miss Universe terbanyak sampai saat ini. Semoga Indonesia di kemudian hari berhasil memenangkan ajang internasional ini ya! Nah, menurut kalian, negara mana yang memiliki pemenang paling memikat? Beri tahu kami di kolom komentar ya! Akhir kata, tetap jaga protokol kesehatan dan jangan lupa berbahagia!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *