Inilah 10 Negara dengan Tradisi Pernikahan Paling Unik, Ada yang Dilarang Senyum!

  • Whatsapp


Pernahkah Anda membayangkan menginjak manusia saat melangsungkan acara pernikahan? Atau tidak boleh senyum sedikitpun? Mungkin Anda kaget mendengar pertanyaan kami, karena memang sangat unik dan tidak biasa. Tapi hal-hal itu menjadi salah satu tradisi di beberapa negara lho! Nah, kali ini kami akan membagikan 10 negara dengan tradisi pernikahan paling unik. Ada negara mana saja? Kalau begitu langsung saja cek daftar pertama di bawah ini.

1. Mangkuk Toilet di Prancis 

Siapa sangka kota Prancis yang terkenal dengan makanan lezat dan Menara Eiffel ini ternyata memiliki tradisi pernikahan yang unik dan tidak biasa! Memangnya bagaimana tradisinya? Saat prosesi pernikahan, ada satu mangkuk berbentuk toilet yang nantinya akan diisi dengan makanan sisa, alkohol, dan apapun yang diinginkan para tamu. Duh, membayangkannya saja sudah agak mual ya. Makanan yang campur-aduk di mangkuk toilet itu nantinya akan dimakan oleh pasangan pengantin agar kuat menghadapi malam pertama. 

2. Kaki Pengantin Pria Dipukul di Korea Selatan

Kalau Prancis punya tradisi mangkuk toilet, maka di Korea Selatan punya tradisi memukul kaki pengantin pria! Wah, kok lebih mirip penyiksaan ya? Eits, tenang dulu, tradisi ini tidak dilakukan dengan serius kok. Biasanya kaki pengantin pria dipukul pakai ikan kering, jadi tidak begitu sakit. Sekali lagi, tradisi ini ditujukan agar para pengantin, khususnya pengantin pria, kuat menghadapi malam pertama.

3. Dilarang Senyum di Kongo

Biasanya pernikahan bertujuan untuk kebahagiaan kedua pengantin yang saling jatuh cinta. Tapi tampaknya berbeda di Kongo. Soalnya, penduduk lokal Kongo melakukan pernikahan untuk ‘tukar-tambah’. Ya, Anda tidak salah baca. Pernikahan di Kongo bertujuan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari, dengan syarat menukarkannya dengan salah satu mempelai. Jadi istilahnya barter gitu ya. Nah, dalam proses pernikahannya ada tradisi dilarang senyum. Jika ada salah satu tamu atau keluarga yang senyum, maka mereka tidak menganggap serius pernikahan itu. Wah, tradisi yang unik banget.

4. Siram Air Comberan di Skotlandia

Sudah jijik dengan makanan mangkuk toilet di Prancis? Berarti Anda wajib tahu daftar keempat yang berasal dari Negara Viking, Skotlandia. Nah, di sana ada tradisi unik di mana pasangan pengantin, biasanya pengantin wanita, disiram oleh air sejenis comberan, yaitu campuran dari seluruh barang sisa yang ada di dapur seperti saus, ikan, daging, tepung, minyak, dan lain-lain. Karena mirip air comberan, kami sebut saja tradisi siram air comberan. Setelah disiram, biasanya pengantin wanita tidak langsung mandi, tapi malah main semalaman dengan teman-temannya. Tentu saja ada tujuan brilian di balik tradisi ini, yaitu pengantin wanita harus siap menghadapi seluruh gonjang-ganjing kehidupan pernikahan.

5. Menikah dengan Pohon di India

Di India ada beberapa tradisi unik yang akan segera kita bahas. Yang pertama adalah menikah dengan pohon. Waduh, serius? Yap, serius banget. Anda akan menjumpai beberapa wanita India yang pelukan mesra dengan pohon. Tapi tidak semua wanita bisa melakukannya, hanya wanita mangalik saja yang bisa melakukannya, dan wanita mangalik ini dilarang menikahi pria karena dipercaya dapat mendatangkan malapetaka. Mangalik atau manglik adalah orang yang lahir dalam pengaruh planet Mars dan Saturnus menurut astrologi Hindu. Fenomena itu juga disebut mangala dosha atau efek mars.

Tradisi lainnya yang tidak kalah unik adalah melukis badan mempelai wanita dengan tinta bernama henna. Selain itu ada juga tradisi merebut sepatu mempelai pria. Wah, banyak tradisi pernikahan unik ya di India. Apakah Anda pernah menyaksikan tradisi-tradisi itu?

6. Menangis Sebulan di Cina

Negara Tirai Bambu Cina juga punya banyak tradisi unik, salah satu yang paling menarik adalah mempelai wanita harus menangis setidaknya sehari satu jam selama 1 bulan sebelum acara pernikahan. Tidak hanya mempelai wanita saja, seluruh anggota keluarga bergender wanita harus siap-siap ikut menangis jika sudah waktunya. Tujuan tradisi ini agar saat acara pernikahan tiba, mempelai wanita akan mendapatkan kebahagiaan yang sangat besar.

7. Meludah di Kenya

Kenya situasinya hampir mirip dengan Kongo, yaitu proses pernikahan bukan untuk mempersatukan dua hati yang saling cinta, melainkan seperti pernikahan paksa. Di Kenya, pernikahan biasanya dilakukan seperti ajang perjodohan, dua anggota bertemu untuk menikahkan anaknya, jadi tidak peduli apakah pasangan itu saling cinta atau tidak, yang penting mereka menikah. Nah, salah satu tradisi yang unik saat acara pernikahan di Kenya adalah mempelai wanita akan diludahi oleh ayahnya untuk mendatangkan nasib baik.

8. Injak Piring di Jerman

Siapa yang pernah liburan ke Jerman? Kalau belum, semoga suatu hari Anda bisa ke sana dan menyaksikan tradisi pernikahan unik yaitu injak piring! Bukan, ini bukan debus yang telanjang kaki, tapi dilakukan secara aman menggunakan sepatu. Biasanya tradisi ini dilakukan sehari atau seminggu sebelum pernikahan. Jadi seluruh teman-teman calon mempelai berkumpul dan memecahkan piring bahan porselen di lantai. Setelah selesai, calon pengantin bahu-membahu membersihkan semua kotoran, seperti yang akan mereka lakukan setelah menikah. Romantis juga!

9. Injak Manusia di Polinesia Prancis

Polinesia Prancis merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan wisata alamnya, dan ibu kotanya Tahiti. Mirip tapi beda dengan tradisi injak piring di Jerman, ternyata tradisi pernikahan di Pulau Marquesas negara Polinesia Prancis lebih bar-bar, pasangan pengantinnya menginjak-injak keluarga mereka! 

Di pulau itu, ada suatu tradisi di mana keluarga mempelai yang masih sehat dan bugar akan tiduran di lantai lalu tubuh mereka akan dilewati pasangan pengantin! Wah, sudah seperti karpet saja ya. Jadi sepertinya sudah menjadi aturan tidak tertulis bahwa calon mempelai harus diet dulu sebelum melakukan tradisi ini.

10. Menahan Buang Air di Indonesia

Di daftar terakhir ada negara tercinta kita, Indonesia. Ternyata di Indonesia ada banyak sekali tradisi pernikahan yang unik, mulai dari pengantin pria memberi maskawin sesuai strata mempelai wanita, menculik mempelai wanita, hingga menahan buang air! Unik-unik kan? 

Nah, kami akan membahas tradisi yang disebutkan paling akhir, yaitu menahan buang air. Tradisi itu dilakukan oleh warga Tidung di Kalimantan. Biasanya, tradisi tersebut dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan pasangan pengantin dilarang buang air kecil dan besar. Mereka bahkan makan dan minum sangat sedikit. Jika dilanggar, mereka percaya akan mendapat kesialan yang mengerikan!

Nah, itulah 10 negara dengan tradisi pernikahan paling unik. Menurut Anda, negara mana yang paling unik? Beri tahu kami di kolom komentar ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *