Suami Tasya Kamila Sembuh Dari Kanker Stadium 2, Ini Kisahnya! – Limelight Media

  • Whatsapp


Setelah 6 bulan berjuang membasmi sel kanker yang menyebar dalam tubuhnya, Randi akhirnya dinyatakan sembuh total dari kanker stadium 2. Tentu saja itu membuat sang istri, Tasya Kamila, sangat bersyukur dan bahagia. Lalu seperti apa kisah Randi dari awal terkena kanker hingga akhirnya dinyatakan sembuh? Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Awalnya Randi Alami Sesak Napas

Pada tahun 2019 silam, Randi Bachtiar sempat mengalami sesak napas di area dada. Bahkan dia mengaku sering terbangun di malam hari karena sesak napas. Dikutip dari kanal YouTube Tasya Kamila, Randi mengatakan, “Sebenarnya tidak ada gejala yang terlalu berat sih. Cuma pas 2019 pas gue mau latihan buat marathon, gue setiap malam selalu kebangun terus merasa sesak di dada.”

Sesak napas yang dialaminya terjadi berulang kali, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Namun saat itu, Randi dan Tasya tidak curiga kalau hal itu merupakan gejala awal kanker getah bening, karena tidak muncul benjolan di badan Randi. 

“Cuma kami enggak pernah ada curiga bahwa ini sesuatu yang berbahaya atau apa. Enggak ada sesuatu yang terlihat jelas, enggak ada tonjolan atau pun benjolan apa pun,” pungkas Tasya.

2. Sering Batuk Berdarah

Setelah mengalami sesak napas, ternyata di tahun 2020, muncul gejala lain yaitu batuk berkepanjangan hingga dahak darah. Randi Bachtiar mengalami gejala ini selama kurang lebih 3 minggu sehingga sempat mengira terkena Covid-19. Akhirnya Randi melakukan tes swab dan hasilnya negatif. 

“Itu batuk yang keras, yang harus keras banget baru kerasa enak,” ungkap Randi. Tasya Kamila menambahkan, “Batuknya hampir tiga minggu. Terus pernah keluar darah. Bukan muntah, cuma dahaknya keluar darah.”

3. Divonis Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 2

Karena khawatir dengan kondisinya, Randi Bachtiar memeriksakan dirinya ke dokter spesialis paru. Setelah dilakukan pengecekan pada hasil rontgen area paru-paru, ditemukan massapada rongga dada Randi. Setelah beberapa waktu pengecekan, dokter mendiagnosis Randi menderita timoma, tumor yang berkembang di kelenjar timus. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan operasi, ternyata Randi divonis menderita kanker limfoma-hodgkin atau kanker kelenjar getah bening stadium 2.

Dilansir dari beberapa sumber medis, kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker yang menyerang sistem limfatik, salah satu bagian dari sistem imun di tubuh manusia. Ini membuat sel-sel di sistem limfatik tumbuh secara abnormal dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Penderita kanker dinyatakan stadium 2 jika sel-sel limfoma ada di sekurangnya dua kelenjar getah bening, tapi keduanya ada di satu sisi diafragma. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *