7 Bisnis Artis Indonesia Yang Terancam Bangkrut Karena Pandemi COVID-19! – Limelight Media

  • Whatsapp


Bisnis di zaman pandemi COVID-19 seperti sekarang memang tidak mudah. Restoran yang awalnya ramai pengunjung yang makan di tempat, menjadi dibatasi dan terkadang dilarang makan di tempat. Selain itu, bisnis travel juga mampet lantaran banyaknya wilayah yang masih dalam zona merah, beberapa negara bahkan masih menutup akses turis asing. Ini membuat banyak sekali pebisnis yang mengalami kerugian yang sangat banyak, bahkan terancam gulung tikar alias bangkrut.

Hal tersebut juga dialami oleh para artis yang merintis bisnis dari nol. Ada yang masih bertahan, ada yang terancam bangkrut, bahkan ada yang sudah tidak beroperasi lagi. Nah, kali ini kami akan membahas 7 bisnis artis Indonesia yang terancam bangkrut karena pandemi COVID-19. Ada artis siapa saja? Cek informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Inul Vizta milik Inul Daratista

Pada daftar pertama ada bisnis milik Inul Daratista dengan bendera Inul Vizta. Hingga sekarang, Inul Vizta sudah membuka lebih dari 20 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun bisnis besarnya terancam bangkrut karena imbas dari pandemi. Apalagi semenjak ada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM dari pemerintah, Inul terpaksa menutup sementara bisnis karaokenya. 

Bahkan Inul terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada semua karyawannya di Jakarta dan merumahkan sementara karyawan di kota-kota lainnya agar dapat bertahan dari badai pandemi. Inul mengungkapkan, “Di Jakarta banyak (Inul Vizta) ada 20 cabang lebih. Semua aku PHK yang di Jakarta, mohon maaf sebesar-besarnya, karena sudah delapan bulan, harap maklum.”

2. Jannah Travel milik Zaskia Sungkar

Di daftar kedua ada bisnis travel Umrah dan Haji bernama Jannah Travel & Tour milik Zaskia Sungkar. Bisnis yang digelutinya sejak tahun 2017 silam ini terpaksa tutup sementara pada tanggal 27 Februari 2020. Ini dikarenakan adanya penangguhan visa umrah dan izin masuk ke negara Arab Saudi, yang membuat jemaah Jannah Travel & Tour tidak bisa masuk ke Arab Saudi.

Meskipun pemerintah Arab Saudi sudah memperbolehkan jemaah Indonesia untuk melakukan ibadah Umrah sejak Juli 2021, tapi ada beberapa persyaratan tambahan seperti telah mendapatkan vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson 2 dosis. Serta adanya kewajiban untuk karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum masuk Arab Saudi. Semua pembatasan ini membuat Jannah Travel & Tour milik Zaskia Sungkar masih belum beroperasi lagi hingga saat ini dan terancam bangkrut.

3. Nagitoz milik Nagita Slavina

Nagita Slavina dan Raffi Ahmad telah berulang kali mengalami pahitnya kebangkrutan dalam berbisnis. Mulai dari Bakmi RN, Makanan Raden, Mango Boom, Kopi Mertua, Mango Bomb, Gigieat Cake, hingga yang terbaru adalah Nagitoz. Wah, banyak banget ya bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang bangkrut. Lalu, apa penyebab Nagitoz bangkrut?

Semenjak pandemi menyerang, Nagitoz tampaknya sepi pembeli sehingga mengalami kerugian yang cukup besar. Produk snack keripik talas ini juga terakhir kali update Instagram pada Juli 2020 silam. Ini membuat Nagitoz dikabarkan telah berhenti berproduksi. Namun jika menyukai snack tersebut, Anda dapat membelinya di toko online yang bisa ditemui di marketplace

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *