Borussia Dortmund Menang Tipis atas Besiktas


BERITASATU, Jakarta: Borussia Dortmund mengawali perjalan di Liga Champions 2021/2022 dengan hasil positif. Die Borussen berhasil memetik tiga poin usai menang tipis 2-1 atas Besiktas pada laga perdana Grup C Liga Champions 2021-2022 di Vodafone Park, Rabu (15/9/2021) malam WIB.

Die Borussen menang lewat gol-gol Jude Bellingham dan Erling Haaland. Besiktas memperkecilnya lewat Francisco Montero.

Pada awal babak pertama Besiktas menekan Dortmund. Klub asal Turki itu mendapatkan peluang emas pada menit keenam. Namun, sepakan Michy Batshuayi masih bisa ditepis oleh Gregor Kobel. 

Dortmund baru bisa mengambil kendali permainan setelah berjalan sekitar 15 menit. Jude Bellingham bahkan membawa Dortmund memimpin 1-0 di menit ke-19 lewat tembakan pertama usai memanfaatkan umpan Thomas Meunier.

Erling Haaland membuang peluang emas di menit ke-26. Bola tembakan striker Dortmund tersebut masih melebar tipis dari target meski dilepaskan dari jarak dekat.

Besiktas kesulitan memperkembangkan permainan. Dortmund pun mampu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di injurytime paruh pertama lewat Haaland dari umpan Bellingham. Skor dua gol tanpa balas pun bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minum, Besiktas kembali menguasai menit-menit awal pertandingan. Mereka mendapatkan peluang lewat sepakan Rachid Gezzal. Namun, tendangan pemain asal Aljazair itu masih melambung ke atas mistar gawang. 

Selanjutnya, pertandingan berlangsung cukup sengit. Kedua tim saling melakukan jual beli serangan. 

Dortmund, beberapa kali mengancam lewat duet Haaland dan Donyell Malen. Tetapi serangan dari dua pemain depan itu masih bisa digagalkan oleh kiper Besiktas, Ersin Destanoglu.

Besiktas juga tampil ngotot pada babak kedua. Mereka mengancam gawang Kobel lewat sundulan Welinton. Sayang sundulan tersebut masih melebar di sisi gawang. 

Beskitas gagal memanfaatkan peluang emas di menit ke-66. Bola tembakan mantan Batsuayi kembali bisa dibendung oleh Kobel.

Tak lama berselang, giliran Bellingham yang menebar ancaman ke gawang Besiktas. Ersin Destanoglu dengan sangat gemilang menahan bola tembakan pemain asal Inggris tersebut.

Di menit ke-71, giliran Haaland yang mengancam Besiktas. Bola tembakan pemain asal Norwegia itu dari jarak dekat masih gagal menembus gawang Destanoglu.

Pada menit 83, Besiktas sempat protes karena menganggap mereka layak mendapatkan penalti. Sebab, sepakan Kenan Karaman mengenai tangan dari Manuel Akanji. Tapi, wasit memutuskan tidak memberikan tendangan dari titik putih. 

Tiga menit jelang laga usai, Besiktas berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol Javi Montero yang menyambut umpan Miralem Pjanic. Namun, gol itu tidak mampu menyelamatkan tim yang bermarkas di Istanbul itu dari kekalahan. Skor 2-1 pun bertahan hingga laga usai. 

Berikut susunan pemain:

Besiktas (4-1-4-1): Ersin Destanoglu; Valentin Rosier, Welinton, Javi Montero, Fabrice N’Sakala; Souza; Rachid Ghezzal (G. Tore 89’), Miralem Pjanic, Atiba Hutchinson (Salih Ucan 78’), Cyle Larin (K. Karaman 61’); Michy Batshuayi. 

Pelatih: Marco Rose

Borussia Dortmund (4-3-1-2): Gregor Kobel; Thomas Meunier, Mats Hummels (M. Pongracic 70’), Manuel Akanji, Raphael Guerreiro; Jude Bellingham (M. Wolf 69’), Mahmoud Dahoud, Julian Brandt; Marco Reus; Erling Haaland (A. Knauff 86’), Donyell Malen (Y. Moukoko 70’). 

Pelatih: Sergen Yalçın.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *