Cara Lindungi Lapisan Ozon agar Alam Terjaga

  • Whatsapp


BERITASATU, Takengon: Lapisan Ozon adalah lapisan gas yang terletak pada lapisan stratosfer bumi yang jaraknya kurang lebih 60 km dari permukaan bumi.

Lapisan ini berfungsi untuk menjaga suhu bumi agar tetap stabil dan melindungi bumi dari sinar Ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kehidupan didalamnya, di antaranya mengakibatkan kanker kulit, katarak, kerusakan imun, dan merusak ekologi bumi seperti tumbuhan dan biota laut lainnya, serta melindungi bumi dari benda-benda langit yang jatuh.

Fungsi-fungsi di atas tentu sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia. Namun, terkadang beberapa kebiasaan manusia dapat menyebabkan semakin menipisnya lapisan ozon , di mana dampak yang paling dirasakan adalah meningkatnya suhu bumi.

Menurut World Wild Fund for Nature (WWF), lubang ozon akibat zat kimia, pertama kali ditemukan di Antartika sekitar tahun 1980-an.

Untuk mengurangi dampak tersebut, terdapat beberapa cara yang untuk melindungi lapisan ini, di antaranya:

1. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

Emisi yang dihasilkan oleh kendaraan akan membahayakan keberadaan lapizan ozon seiring dengan banyaknya jumlah kendaraan. Hal ini dapat disiasati dengan mulai menggunakan transportasi umum untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan, jadi selain mengurangi penipisan lapisan ozon, juga sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan.

2. Memilih bahan-bahan yang bersahabat dengan lingkungan

Hindari penggunaan pembersih dengan bahan kimia yang berbahaya dan mulai menggunakan pembersih dengan bahan alami. Mengurangi penggunaan pestisida, menggantinya dengan bahan yang lebih alami, akan lebih baik lagi apabila menggunakan predator alami untuk menanggulangi hama di daerah pertanian.

3. Mengurangi penggunaan unsur Chlorofluorocarbons (CFC) / Freon

Unsur ini biasanya digunakan sebagai cairan pendingin pada freezer, lemari es, AC ruangan, dan mesin pendingin lainnya, kaleng semprot untuk pengharum ruangan, penyemprot rambut atau parfum. Apabila terpaksa menggunakan barang-barang pendingin diatas, lakukan pemeriksaan berkala untuk mencegah dan meminimalisasi kebocoran cairan pendingin tersebut.

Begitulah penjelasan singkat mengenai lapisan ozon dan fungsinya terhadap bumi kita. Dengan mengikuti anjuran untuk melindunginya, diharapkan kita dapat hidup tentram dan nyaman di bumi, tanpa harus khawatir terhadap dampak yang ditimbulkan apabila terjadi penipisan lapisan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *