Hari Ini Diperingati Sebagai Hari Ozon Sedunia

  • Whatsapp


BERITASATU, Takengon: Hari Ozon Internasional atau International Day for the Preservation of the Ozone Layer diperingati setiap tanggal 16 September. Tema Hari Ozon Sedunia 2021 adalah “Keeping us, our food, and vaccines cool”.

Sebagaimana dilansir laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tema Hari Ozon Sedunia tahun ini didasarkan pada Protokol Montreal. 

Melalui peringatan ini, masyarakat dunia diajak untuk kembali turut aktif melestarikan lapisan ozon yang melindungi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Sejarah Hari Ozon Sedunia

International Day for the Preservation of the Ozone Layer pertama kali diinisiasi pada 1987 di konvensi Wina, Austria. 

Konvensi di Wina ini karena adanya keresahan para ilmuwan di akhir tahun 1970-an yang menemukan bahwa umat manusia telah membuat lubang besar pada lapisan ozon.

Apabila lapisan tersebut berlubang semakin besar, tentu akan mengancam kesehatan dan kelestarian kehidupan di muka Bumi. Bahaya lapisan ozon yang berlubang bisa menyebabkan peningkatan kasus kanker kulit dan katarak, serta merusak tanaman dan ekosistem.

Berdasarkan sejarahnya, yang dikutip dari laman PBB, pemerintah dunia pun mengadopsi Konvensi Wina pada tahun 1985 untuk mencanangkan upaya Perlindungan Lapisan Ozon. Konvensi yang melahirkan Protokol Montreal tersebut pun mengajak pemerintah, ilmuwan, dan industri untuk bekerja sama memotong 99 persen dari semua zat perusak ozon.

Apa Itu Lapisan Ozon? Apa Bahayanya Jika Ozon Bocor?

Kesadaran pentingnya lapisan ozon untuk kelangsungan kehidupan di bumi ini didasarkan pada hasil penelitian pada medio 1974 dari tim British Antarctic Survey (BAS).

Para peneliti mengumumkan bahwa terjadi penipisan drastis pada lapisan ozon di Antartika sebanyak 30-40 persen dalam satu dekade. Kerusakan lapisan ozon ini terbilang sebagai salah satu bencana lingkungan hidup terbesar pada abad 21.

Ozon adalah gas yang berada di atmosfer secara alamiah. Lapisan ozon artinya lapisan atmosfer yang banyak mengandung ozon.

Fungsi lapisan ozon ini adalah untuk melindungi bumi dari gangguan luar yang berasal dari angkasa, misalnya ozon melindungi permukaan bumi dari radiasi ultraviolet matahari, misalnya sinar UV yang terlalu tinggi.

Sinar ultraviolet berlebihan dari matahari dapat mengakibatkan kanker kulit, kerusakan pada tanaman dan biota laut. Selain itu, lapisan ozon juga menjaga kestabilan suhu bumi dan mengurangi pemanasan global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *