Kememkumham Kebut Renovasi Lapas Tangerang Pasca Terbakar

  • Whatsapp


BERITASATU, Tangerang : Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) segera melakukan renovasi total terhadap Blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang yang terkabar pada Rabu (8/9/2021).

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti, dikebutnya renovasi karena kapasitas lapas sudah sangat tidak ideal atau tepatnya over kapasitas.

“Sudah diproses tentunya agak menunggu karena kan sebelumnya bangunan tersebut digaris polisi untuk penyelidikan dari kepolisian,” ujarnya kepada rri.co.id, Kamis (16/9/2021).

Sebelum renovasi, pihaknya telah melakukan analisa awal soal struktur bangunan. Pasalnya, blok C2 tersebut akan dibangun total, mengingat kerusakannya cukup parah.

“Tim sudah bekerja dan ada beberapa orang terlibat untuk asessement dan analisa tentang renovasi Blok C2. Makanya, segera mungkin Blok C2 ini dapat dipergunakan kembali,” ungkap Rika.

Termasuk soal penganggaran, Rika mengaku, pihaknya sudah menganggarkan biaya renovasi total. Kendati demikian, Rika enggan menyebutkan berapa nominal anggaran yang akan dikeluarkan.

“Memang harus dibangun secara total yang tentunya lagi berdampak pada anggaran,” imbuh Rika.

Diketahui, total ada 9 sel tahanan di Blok C2 Lapas kelas I A Tangerang yang terbakar dengan menelan korban 121 orang baik meninggal dunia maupun luka-luka.

Insiden tersebut, penyebabnya saat ini masih dalam penyidikan polisi dan dugaan sementara akibat konsleting listrik.

Untuk total korban meninggal dalam tragedi kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang berjumlah 49 orang, rinciannya 41 tewas saat kebakaran, delapan meninggal dalam perawatan rumah sakit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *