Sejumlah Desa di Bartim Banjir, Warga Terdampak

  • Whatsapp


BERITASATU, Palangka Raya : Hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah, membuat beberapa desa masih terendam banjir, Kamis (16/9/21). Banjir terjadi  di Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah. Air setinggi lutut orang dewasa menggenangi fasilitas pendidikan dan rumah warga.

Selain itu, banjir juga terjadi di Desa Lebo dan Bararawa, Kecamatan Pematang Karau. Sehingga aktivitas warga menjadi terganggu. Menurut Kepala Desa (Kades) Lebo, Rundeng, bahwa banjir terjadi akibat luapan Sungai Takuam dikarenakan hujan lebat selama 8 jam sehari sebelumnya.

Kades juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus mewaspadai peningkatan ketinggian air. Begitu juga selalu mengawasi aktivitas anak-anak ketika bermain di luar rumah.

“Di desa kita ketinggian air ada yang sampai lutut akibat meluapnya Sungai Takuam. Sementara ini masih belum ada korban jiwa. Warga diminta berhati-hati saja,” ungkapnya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Barito Timur menetapkan siaga darurat banjir selama 14 hari mulai tanggal 15 hingga 28 September 2021.

BPBD Damkar  membangunkan posko-posko atau dapur umum di wilayah rawan banjir dengan menyesuaikan kondisi di lapangan. (imr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *