Sempat khilaf, Mercedes Benz malah kapok jual mobil murah

  • Whatsapp
Mercedes Benz


Mempertahankan produk sebagai merek premium membuat produdsen Mercedes Benz sempat khilaf membuat mobil dengan harga murah. Langkah tersebut justru membuat produsen mobil asal Jerman tersebut kapok dan menyesal membuat mobil murah.

Memperlua segmentasi pasar dengan menawarkan mobil murah justru membuat Mercedes Benz menilai salah langkah terhadap keputusan yang pernah diambilnya yakni menjual mobil harga murah ke pasaran.

Langkah tersebut belakangan justru dinilai salah oleh pabrikan Mercedes Benz, karena memperburuk imej Mercedes Benz. Perluasan segmentasi pasar kelas menengah diperhitungkan mampu meningkatkan volume penjualan mobil.

Mercedes-Benz S 63 AMG Coupé (C 217) 2014; designo diamantweiß bright; designo diamond white bright

Namun Mercedes Benz justru baru menyadari jika perusahaan tidak perlu pusing untuk memikirkan besaran volume penjualannya di pasar global. Selain itu, disadari pula jika perusahaan justru harus fokus terhadap kualitas tinggi pada produk premium yang ditawarkan selama ini.

Sehingga volume penjualan bukan menjadi target dan pencapaian yang harus dilakukan Mercedes Benz selama ini.

“Saat ini kami berupaya dengan sadar untuk mengurangi permintaan. Di saat yang sama kami menggeser fokus ke segmen yang lebih mewah,” ujar Harald Wilhelm, Chief Financial Officer Daimler, pemilik merek Mercedes-Benz.

Fasilitas pabrik Mercedes Benz di Meksiko
Fasilitas pabrik Mercedes Benz di Meksiko Foto: Shutterstock

Tak hanya itu, orang nomor satu di Mercedes Benz Ola Kellenius memiliki visi pandangan yang sama, dimana volume penjualan tidak berefek besar pada profit yang sesuai dengan keinginan Mercedes Benz.

“Saat ini tidak melihat peluang volume penjualan dari mobil-mobil harga terjangkau atau murah sebagai kesempatan yang perlu dimanfaatkan. “Kami akan menghilangkan beberapa model yang menurut kami tidak mencapai target yang kami inginkan,” jelasnya.

Langkah ini memang jadi langkah yang menarik buat Mercedes-Benz. Pasalnya Mercedes-Benz memang ingin dikenal sebagai produsen mobil premium atau supermewah. Nyatanya produsen mobil-mobil supermewah seperti Bentley dan Rolls-Royce memang tidak mengedepankan volume produksi sebagai senjata andalan. Mereka fokus membuat mobil supermewah dengan jumlah terbatas.

“Volume memang penting di dunia industri otomotif. Kita memang tidak serta merta melepaskan keuntungan dari volume penjualan. Tapi kami akan mencoba meraihnya dengan cara meningkatkan kontribusi margin absolut,” jelas Harald Wilhelm.

Mercedes Benz E350
Mercedes Benz E350 Foto: BERITASATU.MY.ID

Model mobil murah Mercedes Benz

Di pasar global Mercedes Benz menjual model mobil murah yang ditawarkan ke konsumen. Salah satunya model A Class. Sedan mewah ini menjadi mobil dengan harga mewah yang dilempar ke pasaran.

Jika bebeberapa model premium Mercedes Benz memiliki banderol diatas 500 juta sebagai yang termurah, maka A-class ditawarkan dengan harga mulai dari USD33.795 atau setara Rp481 juta.

Mercedes Benz A Class merupakan salah satu model yang ditawarkan di Indonesia dengan harga lebih terjangkau. Bedanya, A Class saat ini sudah dirakit di fasilitas produksi Mercedes Benz yang berada di wanaherang, Gunung Putri Bogor.

Selain A-Class, model GLA juga telah masuk line perakitan mobil lokal Indonesia. Kedua model ini diraki di tanah air sebagai bentuk komitmen produsen dalam memperkuat perannya di industri otomotif nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *