Wawancara pertama Yosef dengan Kapolres jadi petunjuk: Tangannya selalu ke kiri

  • Whatsapp
Yosef angkat jenazah keluarganya di kasus pembunuhan Subang. Foto: Ist.


Pakar mikro ekspresi Poppy Amalya kembali menyinggung ekspresi Yosef Hidayah dalam kasus pembunuhan Subang. Hal ini diungkap kembali Poppy dalam video yang baru saja diunggahnya di saluran Youtube miliknya, Kamis 16 September 2021.

Poppy lantas menyoroti wawancara pertama Yosef dengan Kapolres Subang AKBP Sumarni, di mana belakangan wawancara itu menjadi heboh karena beliau terlihat menyampaikan keterangan gugup.

Seperti ketika AKBP Sumarni bertanya pada Yosef apakah dia tinggal serumah dengan Tuti. Wawancara dilakukan di depan Alphard mendiang Tuti. “Bapak tidak tidur di sini?” tanya AKBP Sumarni.

Menurut Poppy, Yosef langsung menjawab dengan tegas dan spontan ‘tidak’. Poppy percaya jawaban itu natural. “Itu benar, tidak mengada-ada, berarti benar,” katanya dikutip Hops.id, di saluran Youtube Poppy Amalya, Kamis 16 September 2021.

Yosef angkat jenazah keluarganya di kasus pembunuhan Subang. Foto: Ist.

Meski Yosef sempat melihat ke kiri, namun karena mendengar jawaban itu nampak spontan, maka Poppy meyakini kebenarannya dari ilmu mikro ekspresi. Menurut dia, walau kamera hanya mengambil tubuh belakang Yosef saat wawancara, namun dia mengaku masih bisa menganalisa gestur dan verbal konten dari yang bersangkutan.

Poppy singgung kegugupan Yosef menutupi

Poppy kemudian melanjutkan analisanya. Dia menyinggung jawaban Yosef ketika ditanya Sumarni sedang berada di mana saat kejadian.

Tanpa dia sadari, Yosef menunjukkan arah tak jelas. Namun dia menangkap itu adalah gerakan bawah sadarnya yang bisa saja mengungkap kasus tersebut. Seperti halnya kasus kematian Angeline Megawe di Bali, yang dilakukan oleh ibu angkatnya Margaret Megawe.

“Ketika itu Margaret tanpa sadar ketika ditanya menunjukkan sesuatu. Walau sambil jawab enggak tahu dia menunjuk sesuatu. Ternyata belakangan itu yang ditunjuk kuburan Angeline,” kata Poppy.

Senada halnya dengan Yosef, kata Poppy, dia kerap memperlihatkan locking hands ke kiri tanpa sadar.
“Abis jawab enggak di sana, dia lalu locking hand, tanpa disadari. Walau enggak dijelasin di mana.”

“Sudah pisah?” tanya Kapolres lagi.

Yosef lagi-lagi menunjukkan gelagat aneh. Dia malah melakukan gerakan mengangguk dan geleng-geleng. “Ini angguk atau geleng, ini artinya dia mengatakan sebenarnya dia sudah pisah. Bisa jadi pemahaman dalam hal cerai atau pisah dalam hal lain. Atau sudah enggak saling urus lagi,” katanya.

Yosef kembali datang di pemeriksaan ke-9, Senin 13/9/21. Foto: Tribun Jabar.
Yosef kembali datang di pemeriksaan ke-9, Senin 13/9/21. Foto: Tribun Jabar.

Yosef juga lagi-lagi mengeluarkan gelagat aneh ketika ditanya apakah punya keluarga lain. “Jadi enggak tidur sama istri?” tanya Kapolres.

“Istri dengan anak di sini,” jawab Yosef.

“Enggak di sana,” tambah Yosef.

Ketika itu, Poppy membaca lagi Yosef melakukan gerakan locking hands kembali ke kiri. Ada apa dengan sebelah kiri yang ditunjuk Yosef. “Apakah sebuah tempat?” kata dia.

“Pada saat ditanya soal keluarga baru, dia lama menjawab baru mengangguk. Ini artinya dia mungkin enggak nyaman, malu, atau ada yang ditutupi,” kata dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *