21 “Pemain Aneh” Arsenal yang Dijual Sejak 2016, Hasilkan Rp2,6 T

  • Whatsapp
10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate


“Nomor 13 kini balik ke klub masa kecilnya, Southampton.”

BERITASATU.MY.ID – Jual-beli pemain adalah hal lumrah yang dilakukan tiap kali bursa transfer datang. Aktivitas itu sangat dibutuhkan klub manapun, tak terkecuali Arsenal.

Kejelian dan taktik dalam jual-beli pemain juga tak kalah penting dari proses itu sendiri. Mereka harus memprioritaskan itu agar memastikan pemain berguna atau sebaliknya ketika direkrut nanti.

Dalam hal jual-beli pemain, musim panas ini Arsenal telah menghabiskan banyak uang untuk membeli sejumlah pemain muda. Sebut saja Albert Sambi Lokonga, Ben White, dan lainnya.

Namun, di tahun-tahun sebelumnya, Arsenal banyak menjual para pemain mereka. Kami melihat kembali beberapa jendela transfer terakhir sejak 2016. Kami ingin mengidentifikasi pemain mana saja yang dijual Arsenal seharga 1 juta pounds atau lebih. Mayoritas pemain yang dijual hampir tidak tampil bersama tim utama.

Jadi, inilah daftarnya:

1. Joe Willock

Willock tidak pernah bisa membuat tempat di starting XI di Emirates, terutama tampil di kompetisi piala saat Arsenal berjuang di sekelilingnya.

10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate

Perpindahan pinjaman ke Newcastle pada Januari 2021 cocok untuk semua pihak, di mana Willock memasuki performa sensasional. Dia mencetak delapan gol dalam 14 penampilan saat tim Steve Bruce dengan nyaman menghindari degradasi.

Ada keributan di Tyneside untuk pemain berusia 22 tahun itu untuk pindah secara permanen ke St James Park dan Newcastle mendapatkan pemain mereka dengan biaya 25 juta pounds.

2. Emiliano Martinez

Martinez terkesan setelah kiper pilihan pertama Bernd Leno menderita cedera lutut jangka panjang pada Maret 2020. Kiper asal Argentina itu membantu klub memenangkan Piala FA.

Tapi, Leno mendapatkan kembali tempat awal setelah pulih dari cedera dan Arsenal setuju untuk menjual Martinez ke Aston Villa dalam kesepakatan 20 juta pounds.

Sejak itu, dia membuktikan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik Liga Premier dan memenangkan Copa America sebagai pilihan pertama Argentina. Sedangkan Arsenal baru saja membayar 30 juta untuk Aaron Ramsdale untuk menggantikannya.

4. Sam Greenwood

Sebuah nama yang bisa dimaafkan penggemar Arsenal karena tidak terlalu akrab, Greenwood memilih meninggalkan akademi The Gunners untuk bergabung dengan Leeds United pada 2020.

Pemain depan berusia 18 tahun itu sangat dipertimbangkan di London Utara, tetapi keputusannya diterima setelah biaya perekrutannya dilaporkan bisa naik menjadi 3 juta pounds. Fakta itu adalah yang terbaik untuk semua pihak.

Dia hanya membuat satu penampilan senior untuk Leeds, tetapi klub menolak tawaran pinjaman dari enam klub Championship untuk jasanya musim panas ini.

5. Krystian Bielik

Bielik, yang bergabung dengan Arsenal saat berusia 16 tahun, tidak pernah masuk ke tim utama baik di pertahanan maupun lini tengah.

Pemain Polandia itu hanya bermain dua kali bersama The Gunners, dan melakukan debutnya dalam kekalahan 3-0 di Piala Liga dari Sheffield Wednesday pada 2015. Itu membuat cameo singkat di kompetisi yang sama satu tahun kemudian melawan Nottingham Forest.

Namun, Arsenal mendapat untung besar setelah menjualnya ke Derby County dengan harga yang bisa naik menjadi 9,5 juta pounds – hampir empat kali lipat dari 2,4 juta pounds yang dibayarkan Arsenal kepada Legia Warsaw.

6. Dominic Thompson

Pemain akademi lainnya, Thompson, tidak bermain satu menit pun untuk tim utama sebelum dijual ke Brentford tahun lalu.

Laporan bervariasi pada biaya, tetapi Arsenal dilaporkan menerima 3 juta pounds untuk remaja yang biasa bermain di sisi kiri tersebut. Arsenal juga mendapat keuntungan dari biaya penjualan 20%.

Thompson hanya membuat sembilan penampilan tim utama di semua kompetisi untuk The Bees selama kampanye promosi mereka dan hanya bermain di Piala Liga selama kampanye awal 2021/2022.

7. Xavier Amaechi

Amaechi termasuk di BERITASATU.MY.ID mereka yang diharapkan untuk membuat langkah, apalagi setelah melakukan perjalanan ke Baku untuk final Liga Europa 2019. Tetapi, pemain berusia 20 tahun itu mencari padang rumput baru setelah ditinggalkan dari bangku cadangan saat kekalahan dari Chelsea.

Pemain sayap itu hanya memiliki satu tahun tersisa di kontraknya, yang berarti biaya 2,25 juta pounds yang diperoleh kembali tidak terasa seperti bisnis yang paling buruk. Tetapi, masih harus dilihat apakah dia pergi ke hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.

Sekarang di Hamburg, Amaechi hanya tampil lima kali untuk tim 2. Bundesliga selama dua tahun terakhir dan sekarang dipinjamkan ke Bolton Wanderers.

8. David Ospina

Mungkin terasa lebih, tetapi Ospina hanya memainkan 29 pertandingan Liga Premier dalam lima tahun di buku Arsenal. Dia memulai hanya empat pertandingan liga di musim penuh terakhirnya.

Napoli meminjam kiper Kolombia itu pada 2018 sebelum membayar 3,15 juta pounds untuk membuat kepindahan itu permanen – secara efektif memberi The Gunners uang mereka kembali.

Pemain berusia 32 tahun umumnya memainkan peran kedua setelah Alex Meret, tetapi membuat 16 penampilan Serie A selama musim 2020/2021 dan tetap menjadi pilihan pertama untuk Kolombia.

9. Carl Jenkinson

Setelah mengalahkan pemain inti Inggris lainnya, Jenkinson akhirnya mengucapkan selamat tinggal pada Agustus 2019 dengan kepindahan 2 juta pounds ke Nottingham Forest. Dia mengakhiri hubungan delapan tahun dengan klub yang dia ikuti dari Charlton saat remaja.

Bek kanan itu tidak pernah menjadi starter lebih dari 14 pertandingan liga untuk Arsenal dalam satu musim, dan hanya bermain delapan kali di semua kompetisi selama tahun terakhirnya bersama klub.

Dia terus berjuang dengan masalah cedera. Dan, pada akhir musim 2020/2021, Jenkinson diberi tahu bahwa dia tidak ada dalam rencana manajer Chris Hughton dan bebas meninggalkan klub.
Dia tetap di Forest, tetapi belum tampil pada 2021/2022.

10. Joel Campbell

Arsenal secara mengejutkan berhasil memasukkan tujuh angka untuk Campbell, pemain yang hanya tampil 40 kali dalam tujuh tahun di buku mereka.

Lebih dari setengahnya juga ada di liga, memberinya rata-rata lebih dari 132 menit Liga Premier per tahun dan tidak kurang dari enam masa pinjaman dari London Utara.

Penandatanganan 1,35 juta pounds gagal mencetak gol dalam 17 pertandingan pertamanya dan dikirim dengan status pinjaman ke Leon sebelum bergabung dengan tim Meksiko dengan kontrak permanen pada 2020.

11. Jeff Reine-Adelaide

Reine-Adelaide adalah contoh klasik dari pemain akademi dijual untuk mendapatkan uang yang layak, yang menunjukkan dirinya menjadi bernilai lebih banyak setelah pindah ke klub baru. Intinya, dia bisa bermain setiap minggu.

Pemain Prancis itu bergabung dengan Angers seharga 1,4 juta pounds pada 2018 setelah masa peminjaman yang sukses, memutuskan bahwa dia tidak akan menambah delapan penampilan pialanya dengan seragam Arsenal. Dan, bermain lebih dari 30 kali di musim pertamanya.

Bentuknya mendorong minat dari Lyon, yang membawanya ke papan untuk 23 juta pounds. Untungnya bagi The Gunners, klausul penjualan berarti mereka menerima hampir 5 juta pounds dari itu.

12. Stephy Mavididi

Prospek muda Mavididi memutuskan untuk tidak menunggu lebih lama lagi untuk terobosan The Gunners. Dia memutuskan pindah ke Juventus seharga 1,8 juta pounds pada 2018.

Pemain berusia 21 tahun itu menghabiskan beberapa waktu di luar Arsenal dengan status pinjaman, terutama di Charlton. Tetapi, Mavididi membuat perubahan dalam pengetahuan bahwa dia akan lebih banyak bermain untuk Juventus U-23. Dia mungkin memiliki peluang untuk tampil di tim utama.

Mavididi membuat satu penampilan senior untuk Juventus dan telah bergabung dengan klub Ligue 1, Montpellier, dengan kontrak permanen setelah menghabiskan musim 2019/2020 dengan status pinjaman di Dijon.

13. Theo Walcott

Ada saat ketika Walcott menjadi pemain reguler Arsenal, tetapi setengah musim terakhirnya tidak.
Pemain internasional Inggris itu bermain hanya 64 menit liga di musim 2017/2018 sebelum pindah ke Everton dalam kesepakatan 20 juta pounds yang hanya terlihat lebih baik untuk Arsenal daripada The Toffees.

Dia baik-baik saja di Goodison Park, tetapi Everton segera ingin mendapatkan gajinya dari pembukuan mereka dan Walcott sekarang kembali ke klub masa kecil Southampton.

14. Francis Coquelin

Seperti Walcott, Coquelin telah didorong ke pinggiran selama kampanye 2017/2018 sebelum akhirnya pergi di tengah musim itu.

Gelandang Prancis itu memulai hanya sekali di liga musim itu, memainkan enam pertandingan lebih lanjut sebagai pemain pengganti, sebelum melompat ke Valencia dengan harga 12 juta pounds.
Bukan bisnis terburuk mengingat Coquelin tampaknya akan keluar lebih cepat ketika dia dipinjamkan ke Charlton di musim 2014/2015.

Coquelin sekarang bermain untuk pemegang Liga Europa Villarreal sementara Arsenal tidak berada di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak 1990-an. Mereka mungkin terlalu cepat untuk melepaskannya?

15. Kieran Gibbs

Setelah beberapa tahun terlihat seperti pemain reguler jangka panjang, Gibbs tidak seperti itu pada musim panas 2017.

Bek kiri, yang memenangkan 10 caps Inggris saat membela Arsenal, tampil hanya dalam 11 pertandingan liga di musim terakhirnya sebelum membuat kepindahan 6,75 juta pounds ke West Bromwich Albion.

Gibbs adalah pemain reguler bagi Baggies di Liga Premier dan Kejuaraan, dengan 100 pertandingannya dilakukan di bawah enam manajer berbeda termasuk juru kunci.

Setelah kontraknya di West Brom berakhir, Gibbs pindah ke Inter Miami pada musim panas 2021.

16. Gabriel Paulista

Bek Brasil Gabriel hanya membuat 15 liga dimulai di musim terakhir The Gunners sebelumnya. Seperti Coquelin beberapa bulan kemudian, dia pindah ke Valencia.

Dia adalah salah satu pemain yang tampaknya jauh lebih terlibat daripada yang sebenarnya, mungkin karena titik nyala seperti pertempurannya dengan Diego Costa melawan Chelsea. Tetapi, dia hanya memainkan 46 pertandingan Liga Premier secara total.

Mantan pemain Villarreal itu telah melewati target itu di Valencia, bermain 124 kali di La Liga sejak kepindahannya senilai 9,9 juta pounds.

17. Jon Toral

Arsenal akan merasa sangat senang telah mengambil sekitar 3 juta pounds untuk Toral, seorang pria yang tidak pernah merasa cukup baik untuk mempertahankan tempat reguler Liga Premier.

Gelandang kelahiran Catalunya itu bergabung dari akademi Barcelona pada saat yang sama dengan Hector Bellerin, tetapi tidak pernah bermain di menit kompetitif dengan warna merah meskipun tampil mengesankan dengan status pinjaman di Brentford dan Birmingham City.

Dia menghabiskan tiga tahun di Hull dan bergabung dengan mantan klubnya Birmingham City dengan status bebas transfer setelah dibebaskan pada 2020.

Toral meninggalkan The Blues musim panas ini dan menandatangani kontrak dengan klub Yunani OFI.

18. Kaylen Hinds

Hinds mengikuti mantan pelatih Arsenal Andries Jonker ke Wolfsburg dengan transfer 1,35 juta pounds pada 2017.

Striker itu telah tanpa klub selama hampir satu tahun, tetapi bergabung dengan Watford pada 2019 setelah menjalani uji coba. Dia mencetak satu gol dalam satu penampilannya untuk klub dan dibebaskan pada akhir musim. Dia sekarang bermain untuk klub Liga Nasional Aldershot Town.

19. Serge Gnabry

Sekilas harga 4,5 juta pounds untuk pemain dengan hanya 18 penampilan senior di semua kompetisi tampak seperti kesepakatan yang bagus, tetapi melihat ke belakang tentu itu adalah hal buruk. Apalagi, yang diingat adalah seorang pemain bernama Serge Gnabry.

Kariernya berubah setelah pindah ke Bayern Muenchen dan telah menjadi bagian besar dari skuad Bavaria, membantu klub memenangkan treble pada 2019/2020.

20. Wellington Silva

Wellington tidak pernah memainkan menit kompetitif untuk Arsenal, namun The Gunners menerima jumlah tujuh digit saat menjual pemain Brasil itu kembali ke klub masa kecil Fluminense.

Pemain sayap itu bermain di lebih dari 100 pertandingan di berbagai liga. Sejak kembali ke Brasil, dia telah dikaitkan dengan transfer Eropa lainnya. Tetapi, tetap menjadi pemain Fluminense hingga beralih ke Gamba Osaka pada 2021.

21. Isaac Hayden

Salah satu dari segelintir pemain akademi yang saat ini berada di klub Liga Premier, Hayden pergi setelah gagal menambah dua penampilan di Piala Liga.

Dia harus turun divisi pada awalnya, bergabung dengan Newcastle saat itu dengan harga 2,6 juta pounds pada 2016. Tetapi, mendapatkan promosi di musim pertamanya.

Kini, gelandang itu telah membuktikan dirinya sebagai pemain reguler tim utama dan membuat penampilan ke-100 bersama The Magpies pada 2019/2020.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *