5 Pemain dengan Hattrick Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

  • Whatsapp
10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate


“Empat pemain masih aktif di Eropa, satu lainnya telah kembali ke negara asalnya di Amerika Latin.”

BERITASATU.MY.ID – Total 44 gol tercipta pada pekan perdana Liga Champions 2021/2022. Satu pemain, yaitu Sebastien Haller (Ajax Amsterdam) mencetak quattrick, dan satu lainnya, Christopher Nkunku (RB Leipzig) memproduksi hattrick.

Sebagai kompetisi antarklub paling bergengsi di dunia, mencetak gol di Liga Champions merupakan prestasi luar biasa bagi sebagaian pemain. Apalagi jika mampu menghasilkan lebih dari satu gol dalam sebuah pertandingan.

Tapi, bagi sebagian pemain lainnya, khususnya yang berstatus megabintang, kompetisi bergengsi itu seolah seperti taman bermain. Dengan mudah mereka akan mencetak gol demi gol di sebuah pertandingan secara konsisten. Bahkan, beberapa diantaranya sanggup hattrick.

Untuk menghormati mereka, kami memutuskan untuk menyusun daftar 5 pemain dengan hattrick terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Berikut ini daftar peringkatnya:

5. Neymar (3 kali)

Pemain Brasil itu mencetak hattrick Liga Champions pertamanya untuk Barcelona dalam kemenangan 6-1 atas Glasgow Celtic pada 11 Desember 2013. Sejak saat itu, dia menikmati penampilan yang produktif di Eropa dan telah menambahkan dua hattrick lagi.

Hattrick kedua Neymar dicetak untuk Paris Saint-Germain melawan Red Star Belgrade pada 3 Oktober 2018. Dia juga mencetak satu gol lagi untuk raksasa Ligue 1 saat menghancurkan Istanbul Basaksehir di babak penyisihan grup musim lalu.

10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate

4. Luiz Adriano (3 kali)

Meski tidak setenar pemain lain dalam daftar ini, Luiz Adriano memiliki beberapa rekor Liga Champions yang luar biasa. Penyerang Brasil itu telah mencetak jumlah gol terbanyak dalam satu pertandingan Liga Champions (5 kali). Rekor itu sama dengan Lionel Messi.

Pemain pertama yang mencetak hattrick Liga Champions berturut-turut. Pemain kedua yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions. Adriano juga menjadi pesepakbola pertama yang mencetak hattrick berturut-turut di turnamen Eropa. Striker ini memiliki rekor total tiga hattrick, yang semuanya dihasilkan bersama Shakhtar Donetsk.

Dia mencetak hattrick pertamanya melawan Nordsjaelland pada 20 November 2012. Dia kemudian mengejutkan sepakbola dengan hattrick back-to-back melawan BATE Borisov pada 2014.

Sayang, Adriano tidak akan pernah mencetak gol di Liga Champions lagi. Itu karena dia meninggalkan Eropa pada 2019 untuk kembali ke Brasil. Di sana, dia menandatangani kontrak empat tahun dengan Palmeiras.

3. Robert Lewandowski (3 kali)

Bisa dibilang Lewandowski adalah striker terbaik di dunia saat ini. Striker Polandia itu telah menjadi binatang buas di depan gawang selama beberapa musim terakhir. Liga Champions adalah salah satu kompetisi terbaiknya.

Pemain nasional Polandia itu mencetak empat gol untuk Borussia Dortmund melawan Real Madrid di semifinal 2013/2014. Setelah bergabung dengan Bayern Muenchen, dia mengantongi satu hattrick lagi melawan Dinamo Zagreb pada 29 September 2015.

Hattrick terbaru Lewandowski terjadi saat tim Bavaria itu menang 6-0 atas Red Star Belgrade pada 26 November 2019.

2. Cristiano Ronaldo (8 kali)

CR7 mengantongi hattrick pertama untuk Real Madrid melawan Ajax Amsterdam pada 2012. Sejak itu, dia juga mencapai prestasi melawan klub-klub seperti Galatasaray, Shaktar Donetsk, Malmo, Wolfsburg, Bayern Muenchen, dan Atletico Madrid.

Perlu dicatat bahwa Ronaldo adalah pencetak gol sepanjang masa dalam sejarah turnamen, dengan 135 gol dalam 177 pertandingan. Pemenang Ballon d’Or lima kali itu membuka rekening musim ini saat melawan Young Boys.

1. Lionel Messi (8 kali)

Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mengantongi delapan hattrick ketika melawan PSV Eindhoven pada 18 September 2018. 

Pemenang enam kali Ballon d’Or itu memulai perjalanan hattrick Liga Champions melawan Arsenal pada 6 April 2010. Sejak itu, klub seperti Viktoria Plzen, Bayer Leverkusen, Ajax, APOEL, Glasgow Celtic, dan Manchester City juga telah kebobolan tiga kali atau lebih.

Perlu dicatat bahwa Messi adalah pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Liga Champions, dengan 120 gol dalam 149 penampilan. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *