Fitur baru Daihatsu Terios ternyata bisa bikin pemilik kaget

  • Whatsapp
Daihatsu Terios baru


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ternyata tetap menawarkan kelebihan dari sang kakak Toyota Rush yang telah berlabel GR. Penyematan teknologi canggih ada pada Daihatsu Terios baru, yang diklaim jauh lebih hemat bahan bakar.

Teknologi baru inilah yang menjadi pembeda dari model Daihatsu Terios telah dipasarkan sebelumnya. Model Daihatsu Terios Improvement ini disebtu Yasuo Sahasi Head Test & Vakudation Division Research & Development Director PT ADM disematkan fitur Eco Idle System.

Fitur inilah yang diklaim membuat Daihatsu Terios baru akan jauh lebih irit dibanding model sebelumnya. Efisiensi bahan bakar akan ditekan penggunaannya melalui cut engine atau mematikan kerja mesin.

Supranoto (Chief of Executive Daihatsu Sales Operation) dan Yasuo Sahash bersama Daihatsu Terios baru Foto: ADM

Sistem kerja fitur inilah yang meski terbilang canggih, justru harus diedukasi oleh produsen Daihatsu kepada calon konsumen atau pembeli Daihatsu Terios Improvement.

Karena hingga kini belum banyak produsen otomotif mobil yang menggunakan fitur Idle Stop System pada mesin mobil. Begitu pula dengan konsumen di tanah air yang tidak familiar dengan teknologi ini.

“Ketika mobil berhenti mesin akan otomatis mati. Maka konsumsi bahan bakar juga akan lebih hemat,” ujar Yasuo Sahashi, saat peluncuran virtual Daihatsu Terios Improvement, Jumat (17/9/2021) tentang konsep Eco Idle.

Daihatsu Terios
Daihatsu Terios Foto: Daihatsu

Eco Idle merupakan sebuah teknologi yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti beberapa saat. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi karena mesin tidak menyala saat tidak dibutuhkan.

Sistem ini sebenarnya sudah banyak digunakan pada sepeda motor. Hanya ADM coba menerapkannya pada mobil.

“Eco idle ini bekerja ketika speed nol dan posisi transmsi di D (driver) dan posisi rem di injak,” terang Sahashi-san.

Selain Eco Idle, Daihatsu Terios terbaru ini juga mendapatkan fitur safety tambahan VSC (Vehicle Stability Control) dan HSA (Hill Start Assist).

“Sistem eco idle sendiri sudah di tes di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kira-kira bisa menghemat bahan bakar lima sampai 10 persen,” lanjutnya.

Tombol Eco Daihatsu Terios baru
Tombol Eco Daihatsu Terios baru Foto: ADM

Untuk efisiensi ini, Daihatsu tidak melakukan perubahan terhadap spesifikasi mesin. Hanya dilakukan ubahan pada bagian baterai untuk mengantisipasi baterai drop akibat mobil sering mati hidup.

Berikut daftar harga Daihatsu Terios 2021 dengan diskon PPnBM 100 persen:

Terios R Custom MT: Rp 246,4 juta

Terios R Custom AT: Rp 255,6 juta

Terios R MT: Rp 234,5 juta

Terios R AT: Rp 243,7 juta

Terios X MT: Rp 205,1 juta

Terios X AT: Rp 224,3 juta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *