Petronas SRT Berubah Jadi RNF Racing di MotoGP 2022


BERITASATU, Jakarta: Sepang Racing Team telah resmi merilis nama baru mereka untuk MotoGP 2022. Tim asal Malaysia itu berubah dari Petronas SRT menjadi RNF MotoGP Racing. Pergantian nama itu menjadi sebuah langkah baru bagi tim satelit Yamaha tersebut dalam menyambut kompetisi di tahun depan.

Pengumuman pergantian nama baru ini dilakukan melalui laman resmi mereka pada Jumat (17/9/2021) malam WIB, atau menjelang gelaran MotoGP San Marino 2021. Sepang Racing Team berganti nama menjadi RNF MotoGP Racing untuk kompetisi MotoGP 2022.

CEO Sepang Racing Team, Razlan Razali, tetap bertahan di tim tersebut dan akan menjadi bos RNF MotoGP Racing. Tim anyar ini bakal berkompetisi di MotoGP setidaknya hingga tahun 2026.

“Era baru akan dimulai untuk Sepang Racing Team pada tahun 2022 saat tim tersebut berganti nama menjadi RNF MotoGP Racing. Kontrak lima tahun telah ditandatangani pihak RNF Racing dan IRTA,” bunyi pernyataan SRT dilansir dari laman resmi MotoGP, Sabtu (18/9/2021).

“RNF Racing dan IRTA melihat struktur yang pengemasan ulang nama tim itu akan melanjutkan partisipasi mereka sebagai Tim Independen di kelas MotoGP dari Kejuaraan Dunia balapan MotoGP. Mantan CEO Sirkuit Internasional Sepang dan Kepala Tim, Razlan Razali masih akan memimpin tim tersebut,” tutup pernyataan resmi tersebut.

Seperti yang diketahui SRT telah tak menjalin kerja sama lagi dengan perusahaan migas asal Malaysia, yakni Petronas. Otomatis nama tim Petronas Yamaha SRT yang kini dipakai di musim 2021, bahkan sedari 2019 tersebut tak bisa digunakan lagi.

Pergantian nama pun terpaksa dilakukan dan setelah melalui proses yang panjang pada akhirnya SRT sepakat mengganti nama timnya menjadi RNF Racing. Nantinya nama RNF Racing akan dipakai mulai dari MotoGP 2022 hingga 2026.

RNF Racing langsung menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan pihak Dorna Sports selaku promotor MotoGP. Tentunya kontrak jangka panjang itu menandakan RNF Racing berniat untuk serius bersaing di kelas MotoGP.

Razali, selaku CEO Sepang Racing Team, angkat bicara terkait perubahan entitas tim Sepang Racing Team. Dia berharap bisa mengulangi kesuksesan yang pernah diraih sebelumnya di MotoGP bersama RNF MotoGP Racing.

“Ini merupakan perjalanan angin puyuh bagi kami. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mengerahkan semua upaya kami untuk mengatur ulang, mengubah citra, dan meluncurkan kembali sebagai tim MotoGP yang segar dan lebih kuat,” kata Razali dilansir dari laman resmi MotoGP.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Carmelo [CEO Dorna] atas kepercayaan dan keyakinan pada saya untuk memulai babak kedua ini dengan tim yang baru dibangun kembali bersaing di kelas utama MotoGP untuk lima tahun ke depan,” dia menambahkan.

“Untuk musim depan, di bawah entitas baru RNF MotoGP Racing, tim yang berganti nama akan melanjutkan cetak biru kami yang telah kesuksesan yang telah terbukti sebelumnya. Ekspektasi akan tinggi dan kami akan berusaha keras untuk memenuhi aspirasi ini. Berbekal pengalaman yang kami peroleh dan telah mencapai banyak sorotan di masa lalu, kami menantikan musim 2022 sebagai entri tim yang lebih kuat lagi,” pungkasnya.

Untuk pembalap yang bakal membela RNF Racing, tim satelit Yamaha itu sudah mengunci satu tempat untuk Andrea Dovizioso. Pembalap asal Italia itu bahkan sudah bisa memulai debutnya sebagai pembalap RNF Racing (kini masih Petronas Yamaha SRT) pada balapan MotoGP San Marino 2021 pada Minggu 19 September 2021.

Kini RNF Racing tengah mencari partner untuk Dovizioso. Menurut kabar yang beredar, pembalap tim Petronas Sprinta Racing yang tampil di kelas Moto3 bakal menjadi rekan setim baru untuk Dovizioso.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *