Kemarin, mulai dari kapal terbalik hingga penggunaan PeduliLindungi

  • Whatsapp
Kemarin, mulai dari kapal terbalik hingga penggunaan PeduliLindungi


Jakarta (BERITASATU.MY.ID) – Sejumlah berita humaniora pada Jumat (17/9) yang masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari kapal Pengayoman IV terbalik di Perairan Nusakambangan hingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi di Tulungagung, Jawa Timur, masih minim.

Berikut sejumlah rangkuman berita Jumat:

1. Kapal Pengayoman IV terbalik di Perairan Nusakambangan

Kapal Pengayoman IV milik Kemenkumham dilaporkan terbalik di Perairan Pulau Nusakambangan atau Segara Anakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat pagi.

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan Kapal Pengayoman IV terbalik di tengah alur dalam perjalanan dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan.

“Kami masih mengumpulkan data-data,” katanya.

2. 1,5 tahun berjalan, Kartu Prakerja jangkau 10,6 juta penerima manfaat

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyampaikan 1,5 tahun program Kartu Prakerja berjalan sudah menjangkau 10,6 juta penerima manfaat.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat merinci, yakni 5,5 juta peserta pada 2020 serta 5,1 juta penerima Kartu Prakerja pada 2021.

“Pada 16 September 2021, kami kembali membuka pendaftaran baru, yakni Gelombang 21 dengan kuota 754.929 orang,” katanya saat memberikan kuliah umum dalam “Forum Pembangunan Indonesia” Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia bertopik “Peran Program Kartu Prakerja dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja”, Kamis (16/9).

3. Menko PMK: Malaria penyakit yang juga perlu diwaspadai saat PON

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut malaria sebagai penyakit yang perlu diwaspadai selain COVID-19 selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Jangan cuma COVID-19 saja, tapi Papua ini saya lihat juga masih rentan untuk penyakit-penyakit lain terutama malaria. Jadi tolong ini juga agar diperhatikan kesiapan layanan kesehatannya,” kata Muhadjir Effendy dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

4. 23.602 dosis vaksin disuntikkan ke pengunjung mal di Bekasi

Sebanyak 23.602 dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan kepada pengunjung mal di Kota Bekasi, Jawa Barat berdasarkan hasil monitoring pemerintah daerah di 17 gerai vaksinasi pusat perbelanjaan daerah itu.

“Masih terus kita gencarkan hingga akhir bulan ini dan kalau memang animo masyarakat masih tinggi bukan tidak mungkin akan kami perpanjang,” kata Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiah di Bekasi, Jumat.

5. Penggunaan aplikasi “pedulilindungi” di Tulungagung masih minim

Masyarakat yang menggunakan aplikasi pedulilindungi di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, sejauh ini masih minim, mengacu data pemakai aplikasi ini yang menggunakan jasa angkutan umum di daerah tersebut.

Hal ini diungkapkan Koordinator Satuan Pelaksana Terminal Gayatri Tulunggaung, Dukut Sismantoyo, Kamis, dimana dari 1.500 penumpang yang masuk melalui Terminal Gayatri, maksimal hanya 10 yang sudah memanfaatkan aplikasi pedulilindungi.

“Belum ada pendataan resmi. Namun hasil pantauan sementara ya BERITASATU.MY.ID 5-10 dari 1.500 pengunjung terminal yang bisa menunjukkan bukti sertifikat vaksin dan status kesehatan melalui aplikasi pedulilindungi,” kata Dukut menjelaskan.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © BERITASATU.MY.ID 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *