Asiknya Beli Semangka Golden, Pillih Petik Sendiri

  • Whatsapp


BERITASATU, Banyumas: Petani di Kelurahan Bobosan, Purwokerto Jateng, menanam semangka golden dengan jumlah mencapai 1.100 pohon. 

Selanjutnya setelah semangka sudah siap panen, petani menawarkan warga sekitar untuk membeli dengan cara memetik secara langsung di kebun semangka golden. 

Petani semangka golden Sarjanto mengatakan sebelumnya ia menanam melon, dengan konsep petik langsung di kebun. Ternyata antusiasme pembeli cukup baik, tidak hanya berasal dari Kelurahan Bobosan namun juga warga Purwokerto. 

Menanam semangka golden juga waktunya singkat, dalam kurun waktu dua bulan sudah bisa dipanen. 

Menurut Sarjanto, dengan konsep petik sendiri di kebun pembeli selain bisa memilih buah semangka yang diinginkan juga sekaligus berwisata. 

Untuk menanam satu pohon semangka,Sarjanto mengeluarkan biaya Rp4 ribu, dengan harga jual perkilogram Rp7 ribu. Satu pohon semangka bisa menghasilkan 15-20 kg. 

“Jadi pembeli bisa sekalian petik sendiri, jadi kaya wisata-wisata. Sehingga mereka bisa puas beli semangkanya, setelah ini juga akan kembali tanam semangka tapi jenis lain,” kata Sarjanto, Minggu (19/9/2021). 

Sementara itu, salah satu pembeli bernama Sari, mengaku tidak sengaja lewat di kebun semangka milik Sarjanto yang berada di Gang Gunung Slamet. Setelah melihat adanya semangka yang dijajakan, kemudian tertarik untuk membeli dan memetik secara langsung. 

“Rasanya manis, sehingga nggak kecewa beli. Sekalian bisa petik sendiri, sama teman- teman yang nggak sengaja sepedaan lewat sini,” kata Sari. 

Petik dan beli semangka golden juga menyenangkan bagi anak- anak. Salah satunya bernama Zharan, yang mengaku senang bisa petik semangka. 

“Lebih asik ketimbang mainan HP, tadi juga sudah mencicipi rasanya manis,” kata Zhafran. 

Kebun semangka ini berada diantara hamparan tanaman padi, dan kolam yang berada di perbatasan Kelurahan Bobosan dengan Desa Beji. ( RA).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *