Beragam Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

  • Whatsapp


BERITASATU, Samarinda: Kunyit, dikenal sebagai bumbu dapur. Meski demikian ternyata manfaat kunyit tidak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik bagi kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan. Selain sebagai bumbu bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional.

Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

10 gram protein

168 miligram kalsium

208 miligram magnesium

299 miligram fosfor

2 gram kalium

1 miligram vitamin C

55 miligram zat besi

Selain banyak mengandung nutrisi, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beragam manfaat kunyit bagi kesehatan yang dilansir dari alodokter:

1. Mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi Ostioarthritis.

2. Mencegah penyakit 

Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit berbahaya.

3. Meredakan rasa gatal pada kulit

Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Anda bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal ini.

4. Meringankan gangguan menstruasi

Kunyit juga  bermanfaat dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama saat mengalami menstruasi.

5. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

6. Mencegah kanker

Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker.

7. Mengurangi depresi

Kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

8. Mengatasi masalah kulit

Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit,  bisa Anda dapatkan, seperti mencegah penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, dan menjaga  kekebalan tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *